Selasa, Desember 6

mEnJawAb pErtanyaan sEputar BudidayA PEPAYA

3 komentar
Pepaya IPB4Pada dasarnya budidaya pepaya sangat mudah, tebarkan biji pepaya dipekarangan dalam beberapa minggu sudah terlihat tunas atau pohon pepaya kecil, selanjutnya rutin disiram namun akarnya jangan terlalu lama terendam air, dalam waktu 4-5 bulan akan keluar kembang atau bakal buah dan 5 bulan kemudian buah sudah dapat di panen, mudah kan. Akan tetapi hasilnya mungkin tidak optimal juga buahnya mungkin kurang baik dan sedikit.
Oleh karena itu untuk membudidayakan dalam skala usaha agar mendapatkan hasil yang maksimal harus mendapatkan perhatian khusus mulai dari pembuatan bibit, penentuan lahan yang cocok dan perawatan, keamanan serta pemetikan/panen, dan pasca panen dan yang tidak kalah pentingnya adalah distribusi dan pemasaran.
Pembuatan bibit. Bibit yang baik dengan berbagai varietas kini sudah dapat dibeli karena banyak diperdagangkan, tinggal kita memilih varietas apa yang akan kita tanam. Namun selama kami bercocok tanam pepaya belum pernah menggunakan bibit yang diperoleh dengan membeli di pasaran, kami membuat sendiri dari buah pepaya yang dipilih khusus untuk bibit. Cara pembuatan bibit akan kami tulis tersendiri pada tulisan berikutnya.
Pemilihan lahan. Pada umumnya dihampir seluruh wilayah tanah air kita sangat cocok untuk ditanami pepaya karena pepaya sangat cocok diiklim tropis dan sub tropis asalkan tidak lebih dari 1.000 dpl dan bukan di lahan sawah karena akar pepaya rentang terhadap genangan air.
Pemeliharaan. Sangat mudah memelihara tanaman pepaya, tanaman harus sering disiram terutrama pada musim kemarau tetapi perlu diingat jangan sampai akarnya tergenang air. Pemupukan dilakukan dengan pupuk kimia dan pupuk kandang.
Bersambung …………. [Membuat Bibit Sendiri]
Share

91 Responses to “Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya”

  1. # bocahbancaron 27 Jan 2009 at 8:12 am
    Iya Pak, di tempat saya ajah tidak ditanam udah tumbuh sendiri dan subur berbuah bagus pula…
    keren kan,….
    Salam Bocahbancar..

      Salam kenal bocahbancar,
      Gampangkan tanam pepaya!
  2. # Danielon 13 Feb 2009 at 10:57 pm
    Pak Amir Hamzah yth,
    saya juga sudah masuk usia pensiun, domisili di Pekanbaru, Riau, ingin menanyakan mengenai berkebun pepaya California dan Hawaii, dimana bisa membeli bibitnya, bagaimana mengenai analisa usahanya.
    kalau bisa tolong di email ke danielpkb@yahoo.com.
    atas bantuannya banyak terima kasih.
    Salam
    Daniel

      Yth. Bapak Daniel di Pakanbaru,
      Saya sangat senang sekali Bapak berminat usaha di bidang pertanian, khususnya budidaya pepaya. Rasanya pas bila bapak membudidayakan pepaya di Pakanbaru, kalau tidak salah banyak pepaya California atau Hawaii dari kita atau diekspor ke negara tetangga, sedangkan bapak berada di sangat dekat dengan negara tetangga.
      Namun saya belum mengetahui apakah di daerah Bapak cocok untuk ditanami pepaya jenis tersebut.
      Mengenai bibit saya kira tidak masalah, bisa kami usahakan atau bisa kami bantu. Bibit yang bagus banyak tersedia untuk jenis California dan Hawaii.

      Mengenai analisis usaha mungkin setiap daerah pasti akan berbeda2, Baik biaya investasi, biaya variable, biaya tetap, misalnya terhadap upah buruh, sewa lahan, transportasi begitu pula harga jual dll.. Namun dari pengalaman kami secara garis besarnya dengan panen pertama dan kedua atau lk satu tahun investasi sudah hampir kembali.
      Sedangkan untuk budidaya pepaya tidak membutuhkan investasi yang sangat besar, untuk mengawali bisa bapak tanam lk. 3 ha.
  3. # fathion 18 Feb 2009 at 9:34 pm
    pak Amir Hamzah saya kepingin mengetahui lebih banyak analisis usaha budidaya pepaya california/hawaii. saya domisili di semarang tolong dijelaskan trimaksaih sblmnya.
      Salam kenal pak Fathi,
      Segera akan kami kirimkan analisis usaha budidaya pepaya melalui email bapak.
  4. # Dika Andion 01 Mar 2009 at 8:16 pm
    Bapak Amir Yth. Saya sangat tertarik dengan budidaya pepaya, kebetulan di daerah saya masih banyak lahan yang belum termanfaatkan. bolehkah saya minta analisa usaha perkebunan pepaya pak? tlg kirim melalui email kami, terimakasih.
      Salam kenal pa Dika Andi,
      Kalau boleh tahu rencana budidaya pepaya di daerah mana. dan
      segera akan kami kirim analisa usaha perkebunan pepaya.melalui email bapak.
  5. # joenon 16 Mar 2009 at 7:49 pm
    Bpk Amir Yth. saya sangat tertarik dengan budidaya pepaya california dan hawaii. Dimana saya bisa mendapatkan bibitnya? Dan bagaimana cara tanam pepaya yang baek? Terima kasih.
      Wah, Saya gembira sekali nih… Sdr. Joen akan terjun di dunia pertanian khususnya budidaya pepaya.
      Perihal bibit secara khusus kami tidak membuat untuk di jual, kami gunakan untuk sendiri, mamun untuk membantu teman2 yang ingin mencoba budidaya pepaya kami akan usahakan. Hanya mungkin kami kenakan biaya tenaga kerja staf kami yang membuatnya.
      Perihal cara tanam yang baek…. Wah jelasinnya gimana ya… Kudu berapa halaman saya tulis. Tapi Sdr Joen bisa baca tulisan2 yang telah saya muat disini dan tulisan2 yang akan saya muat berikutnya.
      Sebenarnya ga susah kok. Sebagai gambaran “Coba bayangkan seorang petani di desa/kampung dengan pendidikan ….. dia bisa, kok Anda atau kita dengan sumber informasi yang tak terbatas, masa ga bisa sih“. Dulu sebelum terjun saya pun terpikir seperti itu, dengan modal nol besar ttg budidaya.
      Salam sukses
  6. # purwokoon 18 Mar 2009 at 7:57 pm
    salam kenal dr sy ngawi jatim, terima kasih byk ut bpk Amir atas infonya sptr pepaya, sy ada rencana membuka lahan kbn pepaya california walau kecil2an, bila suatu saat sy mengalami kendala ijinkan sy ut meminta saran dr p.Amir, sementara ini sy msh menekuni bid melon sbg petani + penebas.
    sukses selalu buat p. Amir

      Salam kenal kembali pa Purwoko,
      Kita bisa bertukar pengalaman dan saya bisa belajar banyak juga dari pa Purwoko tentang melon, karena saya pun ada rencana ingin membudidayakan buah melon dll. Namun saat ini masih konsentrasi di pepaya karena saya masih merasa belum sepenuhnya menguasai seluk-beluk pepaya mulai dari pembibitan hingga pemasaran.
      Sukses selalu juga untuk pa Purwoko.
  7. # Yufieon 22 Mar 2009 at 7:42 am
    Ass pak Amir, salam kenal dari saya, sy pingin berbagai cerita dulu ama pak Amir, kebetulan sy ada tanah di daerah Cikampek (daerah dg kondisi udara panas, apalagi kalau musim kemarau kadang tanahnya retak2) kurang lebih luasnya 1,4 Ha, & sebagian lahan sdh ditanami pohon mangga, krn yg cocok spertinya pohon mangga, walaupun sy pernah mencoba pohon salak biasa & pondoh, tetapi gagal, mgkn krn kondisi tanahnya. Pak Amir, saya sangat tertarik dengan budidaya pepaya california ini, krn mengingat ada sebagian lahan yg msh kosong. apakha dgn kondisi udara & tanah sperti itu, cocok utk ditanami pepaya? Dimana saya bisa mendapatkan bibitnya? Dan bagaimana cara tanam pepaya yang baek? Terima kasih.
    Salam kenal kembali Pa Yufie.

      Maaf telat merespon, ga apa-apa kan.
      Pada dasarnya cocok di daerah bapak di tanam pepaya, namun melihat kondisi tanah di daerah babak, dalam pemeliharaan harus sedikit eksta hati2 mengingat tanaman pepaya harus sering disiran dikala musim kemarau, akar pepaya jangan sampai kekurangan air namun jangan pula terendam/tergenang air. Dimusim kemarau harus tersedia air, bapak harus menyediakan pompa air dan membuat sumur bila jauh dari sungai. Sebenarnya bukan pada musim kemarau saja pepaya harus disiran, bila tanah sudah terlihat kering harus segera disiram.
      Perihal bibit, sebenarnya saya tidak menjual bibit hanya untuk gunakan sendiri namun bila bapak menginginkan bisa saya upayakan.
      Bagaiman tanam pepaya yang baik? kalau bapak sudah terbiasa berkebun, tanam pepaya itu merawatnya tidak sulit.
      Terima kasih.
  8. # sofyanon 14 Apr 2009 at 6:09 am
    pak mohon saya minta pengetahuan tentang bertani pepaya saya pemuda pengen jadi petani saja di kampung dan dimana sya bisa mendapatkan bibit pepaya apa saja lah yang cocok di daerah saya Ngawi jawa timur
      Sdr. Sofyan salam kenal,
      Saya berkeyakinan Anda pasti berhasil jadi petani asalkan dijalankan sungguh-sungguh, bahkan jauh berhasil dari pada saya. Karena apa? Pertama Anda masih muda, Kedua wilayah Anda cocok untuk pertanian.
      Anda boleh juga bertani pepaya, atau bertani sesuaikan dengan para petani di sekitar Anda, Anda tidak usah canggung/malu berguru dan bertanya dengan petani di sekitar Anda, Kenapa harus berbudidaya disamakan dengan petani setempat, karena mudah berkomunikasi dengan petani karena dekat, mudah mendapatkan pasar dll.
      Tapi, kalau tertarik dengan budidaya pepaya saya akan coba bantu semampu saya, Anda bisa baca tulisan2 saya tentang pepaya atau bertanya. Perihal bibit sebenarnya buat sendiri pun bisa, tapi kalau masih ragu bisa saya sediakan berbagai macam bibit. Namun saran saya coba budidayakan dulu pepaya Bangkok/Thailand karena pasarnya agak mudah, sampai saat ini pun saya masih kekurangan pasukan untuk pelanggan saya di Jakarta dsk. Kalau berhasil akan saya bantu jadi pemasok saya ke Jakarta atau Bali.
      Salam sukses,
      Amir Hamzah
  9. # Edy Marlonon 24 Apr 2009 at 8:23 am
    Bapak Amir yth, salam kenal. Saya seorang karyawan perkebunan di medan sumatera utara dan mempunyai pekarangan rumah yang lumayan luas, saya ingin mencoba bertanam pepaya california karena tidak begitu repot menurut pantauan saya dibanding tanaman cabai merah maupun mentimun, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara bercocok tanam pepaya yang benar, karena apabila berhasil saya berkeinginan melanjutkan usaha ini dalam skala luas. Perlu bapak ketahui untuk dimedan pepaya jinggo sekarang kurang diminati karena terlalu besar, sehingga pepaya california bisa punya tempat untuk masyarakat medan. Kalau bisa Juklak dan Juknis di kirim ke email saya pak. Pak bisakah saya memperoleh benih pepaya california F1 dari bapak, karena kalau bibit otomatis ongkos kirim terlalu mahal samapi ke medan, dan kalau bisa pak berapa harga benihnya per butir. Terima kasih. Horas
    Yth. Pak. Edy Marlon

      Kalau bapak sudah terbiasa bercocok tanam, maka untuk membudidayakan pepaya tidak akan mendapatkan kesulitan, apapun jenis pepayanya perlakuan membudidayakannya tetap sama. Untuk juklak dan juknis bisa bapak baca dari tulisan-tulisan yang telah saya muat di sini, sambil saya terus menambah dan memperbaharuinya.
      Perihal bibit pun sebenarnya bisa buat sendiri, namun pada awalnya biasanya para petani mencari/membeli bibit yang baik, selanjutnya membuat sendiri hasil tanamannya yang nantinya khusus untuk dijadikan bibit. Untuk diketahui saya tidak secara khusus menjual bibit, namun bila bapak membutuhkan saya akan upayakan, kami hanya minta biaya tenaga kerja yang membuatnya sebesar Rp 60.000,-/lk 250 butir plus Ongkos kirim lk. Rp 5.000.
  10. # zefri fahmion 28 Apr 2009 at 4:59 pm
    salam kenal pak amir.
    saya juga sedang tertarik dengan tananam pepaya, berawal dari bibit pepaya yang diberi teman 2 batang dan sekarang sedang berbuah, namun saya sudah berupaya untuk menanam bijinya kembali namun sampai sekarang belum ada yang berbuah, saya baru tahu cara pembibitan pepaya dari mail bapak ini, namun saya ingin untuk berkunjung kekebun pepaya bapak boleh saya minta alamat nya? trima kasaih oh ya saya dari bukittinggi sumatera barat.

      Salam kenal juga pa Zefri Fahmi,
      Umur pohon pepayanya sudah berapa bulan? sudah keluar bunganya? sabar dan rajin2 di rawat, kalau pohon pepaya sempurna pasti akan berbuah.
      Dengan senang sekali kalau pa Zefri mau berkunjung ke kebun saya ada di Banyuwangi, Jawa Timur, (di seputar Rogojampi, Sempu, Genteng).
  11. # aminulatifon 15 May 2009 at 3:45 pm
    Yth. Pak Amir
    di Jakarta/Banyuwangi
    Assalamualaikum ww

    saya tertarik dengan usaha yang telah Bapak lakoni sebelum pensiun sebagai PNS, khususnya kebun Pepaya.
    Pak Amir, saya ingin berkunjung ke kebun Bapak, syukur-syukur saya bisa bertemu langsung dengan Bapak. Kalau boleh tahu, dimana lokasi kebun Bapak?

    Wassalam,
    aminulatif, Palembang

      Walaikumsalam, Yth. Bp. Aminulatif
      Salam kenal, Saya sangat senang bapak berencana berkunjung ke perkebunan saya. Untuyk diketahui perkebunan saya berlokasi di Banyuwangi, Jawa Timur, tersebar dibeberapa desa/kecamatan, seperti Rogojampi, Genteng, Sempu.
      Sedangkan saya sehari-hari berdomisili di Jakarta.
      Saya tunggu kehadirannya.
      Wassalam,
      Amir Hamzah
  12. # darmanon 27 May 2009 at 3:16 pm
    Salam kenal pak, saya darman dari riau,
    Rasanya enak lihat website ini rame ilmunya, khusus tentang pepaya.
    Saya sendiri bukan petani, hanya suka tanaman dan invest di tanaman ini juga, kalau dibaca belum ada yang bahas tentang penyakit pepaya.
    Karena dulu saya ada invest dipepaya di daerah bogor dan gagal total karena penyakit, hampir semua tanaman pepaya di satu daerah tersebut rusak semua, sedangkan obatnya sampai sekarang belum benar-benar ada yang pas. nama penyakitnya saya lupa sich?? Mungkin bapak bisa bantu jelaskan penyakit yg perlu diwaspadai untuk tanaman ini, karena untuk skala usaha ini sangat merugikan… Terimakasih Yaaa…..

      Salam kenal kembali pa Darman,
      Memang benar ada kawan saya cukup merugi tanam pepaya karena diserang hama, beliau tanamannya di sekitar daerah Bogor juga sama seperti pa Darman, namun alhamdullilah saya telah berjalan 4th lebih tanam di daerah Banyuwangi dsk. belum terkena hama yang cukup merugikan. Hama-hama atau penyakit yang saya temukan seperti karat daun, daun mengering ini biasanya akibat pergantian musim. Ini saya tanggulangi dengan perawatan yang intensif seperti pada musim kering saya tidak pernah telat selalu disiram. Ada juga hama ulat bumi ini menyebabkan batang busuk karena akar diserang. Ini pun dapat segera ditanggulangi dengan diinsek dengan diatenon.
      Ada yang cukup berbahaya (menurut para petani, karena saya belum pernah diserang) yaitu cacar buah yang katanya namanya penyakit bunupas ini bisa menghancurkan seluruh tanaman, ini sama seperti menyerang tanaman cabe. menurut para petani tidak ada obatnya hanya ditanggulangi dengan dikompres yaitu disiran dengan air biasa saja.
      Terima kasih sarannya, nanti akan saya tulis hama atau penyakit yang biasa menyerang tanaman pepaya, saya belum tulis karena alhamdullilah sampai saat ini belum terserang hama atau penyakit yang cukup berat.
  13. # deddion 29 May 2009 at 11:26 am
    ass. bpk Amir hamzah, salam kenal dari saya deddi purwandito dati sumbar, saya sangat tertarik sekali tentang budidaya pepaya california. apakah didaerah saya kabupaten pasaman barat dengan ketinggian tempat lk 200 m dpl. cocok dibudidayakan pepaya california tersebut, saya mohon informasi bibit dan mohon analisa usaha pepaya california ini pak hamzah. sebelumnya saya ucapkan terima kasih alamat email saya dpdhito@yahoo.com.wsl
      Salam kenal kembali pa Deddi Purwandito di Sumbar,
      Untuk ketinggian saya kira cocok untuk ditanami pepaya, namun dari struktur tanah kami belum bisa memastikan apakah cocok. Untuk bibit dan analisa usaha bisa kami bantu. Karena saya selama ini tidak membuat bibit khusus untuk di jual, maka bila ada yang memesan bisa segera saya siapkan.
  14. # rinaon 01 Jun 2009 at 5:13 pm
    yth pa amir…
    Pa saya rina mahasiswa yang sedang mengambil penelitian tentang pepaya california…Bapak tau g, pepaya california itu sebenernya dari hasil varietas apa sih? ditunggu sekali jawabannya pa…terimakasih banyak.
    Yth, sdri. Rina,

      Maaf saya khawatir salah menjelaskan, saya sarankan Anda bisa langsung mengunjungi situs PUSAT KAJIAN BUAH-BUAHAN TROPIS, LP2M – IPB, dengan alamat: rusnasbuah.or.id
  15. # Toni Jamaluddinon 02 Jun 2009 at 7:41 pm
    Ass. Bapak Amir hamzah, salam kenal dari saya Toni Jamaluddin dari Lhokseumawe, Aceh, saya sangat tertarik sekali tentang budidaya pepaya california. apakah didaerah saya cocok dibudidayakan pepaya california tersebut, saya mohon informasi tentang derajat kemanisan dari pepaya california. Jenis pepaya manakah yang banyak dibutuhkan pasar (california, hawaii, madu, IPB dll). Mohon analisa usaha budidaya pepaya. Pak bisakah saya memperoleh benih pepaya california F1 dari bapak, karena kalau bibit otomatis ongkos kirim terlalu mahal sampai ke Lhokseumawe dan kalau bisa pak berapa harga benihnya per butir. sebelumnya saya ucapkan terima kasih. wsl.
      Wassalamualaikum, Salam kenal pa Toni Jamaluddin.
      Sekarang orang banyak tertarik ingin membudidayakan pepaya California mengingat bentuk yang tidak sebesar pepaya Thailand dan derajat kemanisannya cukup tinggi dibanding pepaya Thailand. Namun untuk menjawab pertanyaan Pa Toni, mana yang banyak dibutuhkan pasar apakah pepaya California, Hawaii, Madu atau IPB. Ini harus dilakukan analisa pasar oleh pa Toni, akan dipasarkan ke mana hasil produksinya, apakah akan di ekspor ke Singapure, Malaysia atau ke daerah Aceh dsk atau Medan. Dari daerah tujuan tersebut jenis pepaya apa yang paling banyak disukai konsumen. Nah… setelah mengetahui jenis yang disukai, maka mulailah membudidayakan jenis yang disukainya. Saya khawatir bila salah memilih jenis pepaya yang akan dibudidayakan. Mengenai analisis usaha pada kesempatan pertama akan saya kirimkan, Adapun benih pepaya bisa kami upayakan membuatkan dari berbagai jenis pepaya.
      Wassalam,
      Amir Hamzah
  16. # wahyu purwokoon 20 Jul 2009 at 5:47 pm
    Ass. Wr Wb
    Bpk Amir Yth, saya benar2 sebagai pemula yang baru ingin terjun ke dunia pertanian khususnya untuk jenis buah2an, dan kebetulan saya menjumpai web ini dan saya baca dan tertarik untuk mempelajarinya.
    Mungkin Bpk bisa tolong saya untuk mengirimkan via email tentang analisa usaha pepaya jenis california atau lainnya kepada saya untuk dapat saya pelajari lebih dalam, dan saya akan terus membaca tulisan/ulasan Bapak disini. Kalau boleh tahu alamat Bapak di Jakarta dimana, kebetulan saya berdomisili di Jakarta Timur, mungkin sewaktu2 saya bisa berkunjung ke rumah Bapak bila Bapak berkenan.
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalam,
    wahyu purwoko

      Salam kenal pa Wahyu Purwoko
      Segera akan saya balas melalui email.
      Wass,
      Amir Hamzah
  17. # a rahmanon 25 Jul 2009 at 4:17 pm
    assalam.
    mohon penjelasan untuk jenis2 pepaya yang memiliki nilai jual ekonomis dan bagaimana mendapatkan bibit yang baik
    trims.

      Semua jenis pepaya memiliki nilai jual ekonomis, namun setiap jenis pepaya memiliki segmen pasarnya masing2. Bibit atau benih sebenarnya sangat mudah untuk membuat sendiri, juga banyak yang telah siap dipasaran, harganya pun relatif murah.
      Wassalam,
      AMIR HAMZAH
  18. # winata wijotoon 26 Jul 2009 at 12:35 am
    pak Amir Hamzah yth. salam kenal, saya tertarik dgn usaha pepaya ini dan ingin sekali mempelajari, untuk daerah yg dekat laut /bakau apakah cocok untuk kebun pepaya california, bolehkah email saya tentang analisa usaha ini lebih detail dan dimana saya bisa dapat bibitnya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
    salam sejahtera
    winata wijoto

      Salam kenal kembali pa Winata Wijoto.
      Untuk ketinggian tanah cukup memenuhi syarat namun karena dekat pinggir laut, mungkin di seputaran bakau perlu diketahui unsur tanahnya seperti PH apakah memenuhi persyaratan. Bibit atau benih mudah didapat sebenarnya bapak pun bisa membuatnya seperti petunjuk pembuatan bibit yang saya tulis pada blog ini, atau bila pa Winata W. membutuhkan yang telah siap, saya dapat mengupayakannya.
      Salam,
      Amir Hamzah
  19. # Kiatma Dwi SEon 31 Jul 2009 at 9:51 pm
    Yth. Bapak Amir Hamzah
    Salam kenal Pak dari Saya Kiatma Dwi SE.
    Saya Mohon uluran tangan dari Bapak untuk membantu kami dari daerah riau agar dapat memperoleh bibit pepaya hawai dan california walaupun dalam bentuk bijian untuk disemai. Karena didaerah saya sangat langka saat ini untuk memperoleh bibit tersebut.
    Tanpa mengurangi rasa hormat saya, mengenai financiil penyediaan bibit tersebut agar dapat Bapak konfirmasikan ke email saya wiek_lovely@yahoo.co.id.
    Atas bantuan dari Bapak sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.
    Hormat saya.
    Kiatma Dwi SE

      Salam kenal, Pa Kiatma Dwi, SE
      Segera akan kami akan jawab melalui email saudara.
      Hormat kami,
      Amir Hamzah
  20. # hartoon 01 Aug 2009 at 9:29 pm
    pak saya mau tanya tempat membeli bibit/biji pepaya bangkok yang unggulan dimana……?
    merknya apa….?
    bagaimana proses penanaman biji dan pemindahan biji ke sawah….?

      Yth, Pa Harto, salam kenal,
      Untuk mendapatkan bibit dan benih bisa dicari di toko-toko tanam-tanaman biasanya menjual benih. Namun bila pa Harto menginginkan kami pun bisa menyediakan, akan tetapi harus pesan sebelumnya karena kami tidak khusus membuat benih untuk dijual.
      Umumnya benih ditanam di dalam polibag, setelah berusia 1-2 bulan baru dipindahkan ke kebun dan ini dilakukan dengan hati-hati jangan sampai akarnya rusak ini akan mengakibatkan pohon akan mati.
  21. # Budi Ariyantoon 31 Aug 2009 at 12:34 pm
    Kepada Yth,
    Bapak Amir
    Assalamu’alaikum pak, saya sangat tertarik untuk mendapatkan benih pepaya california dan hawai kira-kira kalo dari pepaya yang dijual pedangang atau supermaket masih memungkinkan tidak untuk di buat bibit kalaupun bisa bagaimana kualitas bibitnya …trims

      Walaikum salam, pa Budi Ariyanto.
      Biji dari buah pepaya yang dibeli di supermarket untuk dijadikan benih masih memungkinkan, namun untuk mendapatkan buah yang baik kemungkinannya sangat-sangat kecil sekali, karena buah pepaya tersebut dipetik umumnya belum masak betul, bahkan ada yang dipaksa masak dengan menggunakan obat2an sehingga ini berpengaruh terhadap bijinya yang belum siap untuk dijadikan benih.
      Ya…. kalau mencoba untuk dipekarangan rumah boleh lah…. Tapi untuk skala besar/perkebunan tidak saya sarankan.

3 Responses so far

  1. Bapak Amir Yth.Salam Kenal.Saya Razi,saya berminat membuka lapangan pekerjaan di tempat saya dengan membuka kebun pepaya,saya berdomisili di Kabupaten Bintan Kepulauan Riau.Kalau boleh tau,bapak punya relasi di singapur,agar saya bisa mengeskpor hasil kebun saya ke sana.terima kasih pak

  2. assalamualaikum Pak.
    Saya nurhayati, mahasiswa pascasarjana IPB. saya memerlukan bahan baku pepaya calina untuk penelitian dengan umur panen 4 bulan sampai 5,5 bulan.Saya berencana ingin bekerjasama dengan Bapak. apakah saya bisa berkunjung ke ke kebun bapak.mohon alamat lengkap alamat kebun bapak yang di sekitar bogor.
    terimakasih.

Leave a Reply

rEsEnt Post gUe..